Minggu, 06 Januari 2008

Ribuan anak-anak rayakan HUT Sekami

Pos Kupang, 7 Januari 2008
Oleh Agus Sape

* Di Gereja St. Maria Assumpta-Kupang
KUPANG, PK -- Ribuan anak-anak, wakil dari berbagai paroki di wilayah Keuskupan Agung Kupang (KAK), memadati gereja St. Maria Assumpta-Kupang, Minggu (6/1/2008). Mereka merayakan misa untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Serikat Kepausan Anak Misioner (Sekami) sedunia.
Misa itu dipimpin Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr, bertepatan dengan pesta Penampakan Tuhan (Pesta Tiga Raja). Dalam kotbahnya, Uskup mengajak anak-anak untuk mencari bayi Yesus sama seperti yang dilakukan para majus.
Berkaitan dengan HUT Sekami, Uskup mengajak para orangtua untuk mendorong anak-anaknya masuk Sekami. Dengan masuk Sekami, anak-anak sejak dini belajar mengenal dan mencintai Yesus dan sesama. Dengan masuk Sekami pula, anak-anak mulai belajar menjadi misionaris-misionaris cilik yang membawa warta cinta kasih kepada sesama.
Pesan-pesan Uskup disampaikan melalui penggalan-penggalan pantun. Dengan gaya ini, kotbahnya terasa menyapa anak-anak. Bahkan di awal misa Uskup sempat berdialog dengan anak-anak tentang maksud kehadiran mereka dalam gereja itu.
Pelaksanaan misa berlangsung semarak. Liturgi ditanggung seluruhnya oleh anak-anak Sekami, termasuk koor. Pada bagian komunio, perwakilan dari setiap paroki membawakan masing-masing satu lagu. Utusan salah satu paroki membawakan lagu Alleluia Handel, yang mengundang decak kagum dan tepuk tangan hadirin.
Dalam misa ini, anak-anak juga mendapat berkat satu-persatu langsung dari Uskup. Hal ini menjadi motivasi dan pengalaman menarik bagi perkembangan iman anak-anak. Karena itu, hujan yang sempat mengguyur selama misa itu tidak menyurutkan semangat mereka.
Ruangan dalam gereja itu tidak cukup menampung anak-anak tersebut. Banyak dari mereka harus berdiri di luar gedung, padahal orang-orang dewasa, termasuk orangtua yang mendampingi mereka, sudah rela berdiri dan mengikuti misa dari luar gedung.
Meskipun perayaan HUT Sekami dipusatkan di Gereja St. Maria Assumpta, anak-anak juga merayakan HUT Sekami di paroki atau stasi masing-masing. Di kapela Yesus Maria Yoseph Liliba, Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui, misalnya, anak-anak Sekami Wilayah XVI membawakan koor. (ati/eni)

Tidak ada komentar: